::::: Laman ini masih dalam tahap ujicoba, mohon maaf jika ada beberapa elemen yang belum sempurna. Terima Kasih :::::

Apa & Bagaimana Kurikulum PAUD ?

Ditulis oleh Unknown pada Minggu, 23 Februari 2014 | Minggu, Februari 23, 2014

Dalam melaksanakan setiap kegiatan pembelajaran sebagai aktualisasi kurikulum, para pendidik harus terlebih dahulu memahami, menghayati dan menjiwai tujuan pendidikan lembaganya masing-masing. Hal ini penting agar setiap aktivitas yang dilaksanakan sesuai dan menyokong pada upaya pencapaian tujuan lembaga.
Penyelenggaraan PAUD difokuskan pada peletakan dasar-dasar pengembangan sikap, pengetahuan, keterampilan, dan daya cipta sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangannya.
Depdiknas menetapkansejumlah kriteria dalam memilih dan menentukan bahan atau isi kurikulum sebagai berikut:
Sahih (valid), artinya bahwa materi yang diberikan harus benar-benar teruji kebenarannya dan memenuhi unsure aktualitas, sehingga tidak ketinggalan zaman.
Tingkat Kepentingan, isi yang biberikan memang betul-betul dirasakan pentingnya dipelajari oleh siswa dalam rangka membekali kompetensi untuk diaktualisasikan dalam kehidupan nyata sehari-hari.
Kebermaknaan, materi yang dipelajari siswa memiliki makna yang luas dan mencakup kepentingan kemampuan akademis maupun non akademis.
Layak dipelajari, dilihat dari tingkat kesulitan materi memiliki kelayakan yng tinggi untuk dipelajari siswa,
Menarik minat, materi harus menarik minat sehingga siswa termotivasi untuk mempelajarinya baik secara individual maupun kelompok dan klasikal.
Penyelenggaraan PAUD merupakan pendidikan prasekolah, maka struktur keurikulum di PAUD disebut dengan Program Kegiatan Belajar yang mencakup berbagai bidang pengembangan.
Struktur Kurikulum PAUD
Kelompok Usia 4-6 tahun

NO
Program Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
1
Pengembangan Pembentukan Perilaku melalui pembiasaan

2
Pengembangan Kemampuan Dasar


Alokasi Waktu
15 jam(900menit)/minggu

Sumber: Puskur, Depdiknas 2004
Kedua program kegiatan di PAUD merupakan pedoman umum bagi guru untuk selanjunya di kembangkan ke dalam topik-topik pembelajaran yang menyenangkansesuai dengan taraf perkembangan dan taraf pertumbuhan anak.

0 komentar:

Posting Komentar